PERAN DINAS KOPERASI DAN UKM DALAM PEMBERDAYAAN UMKM DI KABUPATEN SIKKA (Studi Kasus pada Dinas Perdagangan, Perindustrian dan Koperasi Usaha Kecil dan Menengah di Kab. Sikka)

Authors

  • Maria Nona Ensy Unipa
  • Maria Nona Dince
  • Konstantinus Pati Sanga

DOI:

https://doi.org/10.2221/accounting.v2i2.69

Keywords:

Pemberdayaan Usaha Mikro Kecil Dan Menengah (UMKM), Pemerintah dan Masyarakat

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Peranan Dinas Koperasi dan UKM dalam pemberdayaan usaha kecil dan menengah di kabupaten sikka. Analisis Data menggunakan Analisis Kualitatif dengan metode wawancara.Adapun fokus peneliti dengan menganalisis menggunakan 5P Suharto 2009. Hasil penelitian menunjukan bahwa Pendekatan pemungkinan, Dinas Koperasi dan UKM sudah melakukan pendekatan dengan memberikan sosialisasi kepada wirausaha pemula, pelaku umkm sebagai proses dalam menciptakan suasana atau iklim yang memungkinkan potensi. UMKM berkembang secara optimal. Pendekatan penguatan, Dinas Koperasi dan UKM menguatkan dengan memberikan dana modal kepada pelaku usaha dan memberikan informasi pada para pelaku usaha dalam mendapatkan modal dari lembaga keuangan perbankan dan nonperbankan. Pendekatan perlindungan, Dinas Koperasi dan UKM, memberikan pendidikan dan pelatihan kepada pelaku usaha  sehingga dapat membangun jiwa kewirausahaan  dalam mengembangkan usaha agar tidak terdiskriminasi dari persaingan usaha. Selain itu memfasilitasi umkm dalam proses pengurusan perijinan, sertifikasi MUI dan memiliki NIB. Pendekatan penyongkongan, Dinas Koperasi dan UKM, memfasilitasi para pelaku usaha dengan pendidikan dan pelatihan yang diberikan adalah manajemen keuangan, literasi digital dalam mengembangkan produk-produk usahanya, sehingga dapat mewujudkan usaha yang tangguh dan mandiri. Pendekatan pemeliharaan yang dilakukan oleh Dinas Koperasi dan UKM adalah membantu pelaku usaha dalam pemasaran dilakukan dengan cara membuat pameran untuk para pelaku usaha.

References

Arikunto, S. (2017). Pengembangan Instrumen Penelitian dan Penilaian Program. Pustaka Pelajar.

G. k E., & Lamawitak L Paulus. (2021). Pengaruh Pemanfaatan Sistem Informasi Akuntansi Keuangan Daerah, Kapasitas Sumber Daya Manusia dan Pengendalian Internal Terhadap Kualitas Laporan Keuangan Pemerintahan Daerah Kabupaten Sikka. Jurnal Penelitian Ekonomi Akuntansi (JENSI), 5(2), 98–110. https://doi.org/10.33059/jensi.v5i2.4440

Goo K E Emilianus, L. L. P. (2021). Pengaruh Fraud Diamond Theory Terhadap Kecurangan (Fraud) Pada Koperasi Kredit Pintu Air. Jurnal Penelitian Ekonomi Akuntansi (JENSI), 5(1), 56–67. https://doi.org/10.33059/jensi.v5i1.3620

Goo, E. E., Herdi, H., & Rusmawati, L. (2023). Analysis of Implementation of SAK ETAP in Presentation of Financial Reports KSP KOPDIT Tuke Jung Head Office. NTERNATIONAL JOURNAL OF ECONOMICS, MANAGEMENT, BUSINESS, AND SOCIAL SCIENCE (IJEMBIS) 3.2, 129-139.

Herdi H,. Eo E.K.G. (2018). Analisis Rasio Likuiditas dalam memenuhi kewajiban pada PT Ultra Jaya Milk Industri, Tbk

Miles dan Huberman. (1984). Analisis Data Kualitatif. Universitas Indonesia.

Moleong. (2019). Metodologi Penelitian Kualitatif. PT. Remaja Rosdakarya.

Mulyadi. (2010). Kewirausahaan dan Manajemen Usaha Kecil. CV. Alfabeta.

Niken P.A,. Maria S.D,.Fransiska J.J. (2023). Analisis Pelaksanaan Sistem Pengeluaran Kas Pada Dinas Pekerjaan Umum dan Penata Ruang Kabupaten Sikka. Jurnal Accounting UNIPA 1 (2), 12-19

Nona M. D. (2022). Analisis Pengendalian Internal Persediaan Barang Dagang Pada Sistem Pergudangan Puspel Devosionalia.

Rangga, Yoseph Darius Purnama, Henrikus Herdi, and Wilhelmina Mitan. 2020. “Metode Altman Z-Skor Dalam Memprediksi Kepailitan Di Semua Koperasi Kredit Di Kabupaten Maumere.†Jurnal Akuntansi dan Pajak 21(01): 59–70.

Sugiyono. (2018). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Alfabeta.

Sugiyono. (2019). Metode Penelitian Kuantitatif,Kualitatif dan R&D. Alphabet.

Suharto, E. (2009). Membangun Masyarakat: Memberdayakan Rakyat. Refika Aditama.

Sujarweni, V. W. (2019). Metodologi Penelitian Bisnis & Ekonomi. Pustaka Baru Pres

Undang-Undang No. 20 Tahun 2008 Tentang Usaha Mikro Kecil dan Menengah. (2008).

Wardani, H. K., Pertiwi, A., Gani, A. J. A., & Said, A. (2016). Peranan Dinas Koperasi Dan UKM Dalam Pemberdayaan Usaha Kecil Menengah Kota Malang (Studi Pada Dinas Koperasi Dan UKM Kota Malang). Jurnal Administrasi Publik Mahasiswa Universitas Brawijaya, 1(2), 213–220.

Downloads

Published

2023-12-02